Pelaksanabangunan.com │ Jamur dan lumut bisa tumbuh dan betah bersemayam di ruangan rumah yang lembab, hangat, dan ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk. Dari spora yang menyebar melalui udara, jamur tumbuh dan berkembang biak pada dinding-dinding rumah yang lembab, sedangkan lumut yang tumbuh pada dinding rumah, biasanya berwarna abu-abu gelap, bahkan hitam. Pertumbuhan lumut di dinding sangat cepat dan akan menyebar luas jika tidak segera ditangani.

Dinding rumah yang di tumbuhi jamur dan lumut tentu saja tidak enak dilihat, dan merusak estetika keindahan rumah Anda. Selain tidak enak dilihat, baunya juga menyengat dan lambat laun bisa merusak dinding, dan juga resiko elergi yang ditimbulkan oleh spora jamur. Berikut ini adalah tips praktis untuk menghilangkan jamur dan lumut pada dinding rumah.

  1. Alat yang dibutuhkan antara lain, karbol atau deterjen, air, botol semprot, dan sikat dengan bulu kaku atau kain kasar.
  2. Campurkan karbol dan air hingga larut (selain karbol bisa juga menggunakan deterjen yang mengandung bahan aktif pencerah kain) dengan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air.
  3. Semprotkan larutan campuran tadi pada area dinding yang berjamur atau berlumut.
  4. Kemudian sikat atau gosok bagian yang sudah di semprot tadi menggunakan sikat berbulu kaku atau kain kasar.
  5. Bilas tuntas dengan air bersih, lalu keringkan.

Untuk mencegah alergi atau hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan saat melakukan pembersihan jamur atau lumut pada dinding rumah sebaiknya Anda mengenakan sarung tangan karet, pakaian lengan panjang, dan masker penutup mulut dan hidung, dan juga buka jendela rumah saat proses pembersihan berlangsung.

Jika jamur atau lumut yang menempel pada dinding rumah sudah terlampau parah, sebaiknya gunakan produk pembersih yang di rancang khusus untuk membasmi jamur dan lumut, produk-produk ini akan lebih ampuh karena mengandung zat-zat yang lebih keras untuk membasmi jamut dan lumut yang membandel.

Setelah jamur dan lumut yang menempel pada dinding rumah berhasil dibasmi, selanjutnya adalah cara bagaimana untuk mencegah agar jamur dan lumut tidak lagi muncul pada dinding rumah Anda. Cara pencegahannya antara lain :

  1. Memakai produk khusus yang mengandung antimikroba untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut di dinding atau bisa juga Anda mencat ulang dinding rumah dengan cat anti jamur dan lumut.
  2. Menggunakan dehumidifier, yaitu alat untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan, yang mana ruangan lembab mudah ditumbuhi jamur dan lumut. Penggunaan alat ini merupakan pencegahan jangka panjang.
  3. Periksa pipa-pipa, dan talang air dari genteng, pastikan tidak ada yang bocor dan rusak.
  4. Memastikan agar dapur, kamar mandi dan lokasi lembab lainnya memiliki sirkulasi udara yang baik.
  5. Usahakan agar handuk dan tirai kamar mandi tetap kering.

Semoga tips praktis membasmi serta mencegah jamur dan lumut pada dinding rumah di atas ,bisa bermanfaat bagi Anda.

 

 

 

%d bloggers like this: