Pelaksanabangunan.com │ AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan merupakan barang elektronik yang banyak di gunakan di perkantoran, apartemen, dan rumah tinggal.  AC banyak digunakan di wilayah   beriklim panas atau tropis. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak varian merk dan teknologi yang terdapat pada AC di pasaran, hal tersebut tentu membuat Anda dituntut lebih jeli sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai salah membeli jenis AC yang akhirnya malah membuat kantong Anda jebol karena tagihan listrik yang membengkak.

Berikut adalah tips bagaimana memilih AC yang tepat untuk rumah Anda, yang di kutip dari berbagai sumber :

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan ruangan

Sebagian orang pasti berpikir, memiliki ruangan yang kecil, maka yang harus dipilih adalah AC dengan PK (Paardekracht/ tenaga kuda) kecil, atau sebaliknya jika memiliki ruangan besar, maka yang harus di pilih adalah AC yang memiliki PK besar. Pemikiran tersebut memang tidaklah salah, namun untuk lebih mudahnya, rumusan dibawah ini bisa membantu Anda untuk memilih AC yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruangan di rumah.

  • AC ½ PK dapat menjangkau ruangan dengan luas 6-10 meter persegi.
  • AC ¾ PK untuk ruang 9-14 M2,
  • AC 1 PK untuk ruang seluas 11-18 M2
  • AC 1,5 PK bisa menjangkau ruang seluas 15-24 M2
  • AC 2 PK bisa dipasang pada ruang seluas 22-36 M2, dan
  • AC 2,5 PK pada area 20-48 M2.
  1. Pilih tipe AC yang tepat dan hemat energi

Cara mudah memilih tipe AC yang tepat sesuai dengan kondisi rumah, bisa dilakukan seperti berikut ini :

  • Rumah dengan daya listrik pas pasan -> Gunakan AC Low Watt
  • Pintu ruangan AC sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC sering di 0n-off (di matikan- dihidupkan) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC hanya dipakai untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC hidup dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

Fitur inverter bisa menjadi salah satu alternative pilihan sebagai AC hemat energy, karena AC dengan teknologi inverter menggunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak pernah terjadi. Selain itu tarikan pertama AC inverter pada listrik 1/3 lebih rendah di banding jenis AC lainnya dan hanya memerlukan waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Jadi jelas lebih menghemat daya listrik di rumah Anda.

  1. Pilih AC yang baik bagi kesehatan

Bagi Anda yang selalu mengutamakan kesehatan keluarga, Anda bisa memilih AC  yang mengandung ion negative dan ion positif, yang terdapat pada AC dengan teknologi plasmacluster, yang mampu membunuh virus dan bakteri.  AC dengan jenis ini juga lebih nyaman karena memiliki fitur pembersih udara juga menghilangkan bau tak sedap pada ruangan.

Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi Anda.

%d bloggers like this: