Cara Praktis Memperbaiki Lantai Keramik Yang Retak dan Rusak

Pelaksanabangunan.com Kondisi rumah yang nyaman tentunya membuat betah dan kerasan penghuni rumah yang tinggal di dalamnya. Rumah merupakan suatu bangunan yang ditempati untuk jangka waktu yang lama bersama orang-orang tersayang. Untuk menjaga kondisi rumah agar tetap baik dan nyaman, tentu membutuhkan perawatan. Salah satu struktur bangunan rumah yang membutuhkan perawatan adalah lantai rumah, lantai rumah yang biasanya terbuat dari keramik, merupakan bagian dari rumah yang kerap kali mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi pada lantai keramik, biasanya di sebabkan karena permukaan yang tidak rata, atau karena lantai mendapatkan benturan keras yang menyebabkan keramik lantai menjadi retak bahkan pecah.Lantai keramik yang retak tentu menggantu estetika rumah, juga dapat mengganggu aktivitas penghuni, karena keramik yang retak memiliki sisi tajam, yang bisa menyebabkan luka jika terinjak oleh kaki.

Jika kerusakan lantai keramik di rumah tidak terlalu banyak, Anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa bantuan jasa tukang, berikut adalah cara praktis memperbaiki lantai keramik yang retak di rumah :

  1. Mengecat keramik yang retak

Metode mengecat keramik yang retak dilakukan hanya untuk memperbaiki tampilan estetika lantai rumah, agar lantai yang retak tidak terlalu terlihat, dan cara ini tidak bisa diterapkan pada keramik yang bertekstur atau berpola, metode mengecat hanya bisa di terapkan untuk keramik lantai yang polos dengan sedikit retakan halus dan tidak menonjol.

Caranya :

Pilihlah cat keramik yang sesuai dengan warna keramik lantai rumah Anda, kemudian oleskan cat keramik pada lantai yang retak dengan menggunakan kapas, dan diamkan hingga mengering. Setelah mongering lap keramik dengan kain lembab, agar lantai keramik yang telah di cat tampak mengkilap atau glossy.

  1. Menggunakan cairan glasir

Metode menggunakan cairan glasir dilakukan untuk mengisi celah lantai yang rusak, serta mencegah kerusakan retak lebih lanjut. Sama halnya dengan metode mengecat keramik, penggunaan cairan glasir tidak memperbaiki keratakan pada lantai keramik, namun hanya memperbaiki tampilan estetika lantai saja.

Caranya :

Pilihlah cairan glasir yang tidak berwarna, sebelum lantai keramik yang retak diberi cairan glasir, bersihkanlah lantai terlebih dahulu, setelah itu oleskan cairan glasir pada lantai yang retak dengan menggunakan kuas kecil secara merata, dan biarkan hingga mongering.

  1. Mengganti keramik lantai dengan yang baru

Lantai keramik dengan retakan yang halus masih bisa di akali dengan mengunakan cat atau cairan glasir, namun jika retakan cukup parah, solusi terbaik adalah dengan mengganti keramik lantai yang rusak dengan yang baru.

Caranya :

Pilihlah keramik lantai dengan bentuk, motif, warna,  dan ukuran yang sama dengan  keramik lantai yang akan diganti. Keluarkan keramik yang telah rusak dengan memecahkannya menggunakan palu, agar pecahan keramik yang akan dipecah tidak terpental dan mengenai Anda, lapisi keramik dengan handuk, bersihkan serpihan dan perekat di bawah keramik dengan menggunakan pisau dumpul. Setelah permukaan yang akan diganti keramiknya tersebut bersih, berikan perekat lantai dan pasang keramik pengganti pada posisi yang tepat, dan buatlah celah lantai menggunakan sedikit semen atau gypsum, Anda bisa menggunakan kapas atau pisau kecil untuk celah lantai yang sempit. Tunggu hingga kering, lalu olesi dengan cairan glasir agar tampak mengkilap atau glossy.

 

Semoga cara praktis untuk memperbaiki lantai keramik yang retak atau rusak tadi bisa membantu Anda.