Cara Mudah dan Jitu Mengatasi Genteng Bocor Di Rumah

Pelaksanabangunan.com Genteng bocor merupakan salah satu masalah yang biasanya di alami orang di musim penghujan seperti sekarang ini. Genteng yang bocor tentunya membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman serta terganggu aktivitasnya, selain itu,tetesan air akibat bocornya genteng bisa merusak furniture di rumah, kebocoran juga lambat laun bisa merusak kondisi rumah yang Anda huni.

Mau hemat membangun rumah / renovasi rumah  ? Anda yang menyiapkan bahan dan material bangunannya, kami yang melaksanakan pembangunannya. Hubungi Pelaksana kami : Bapak Suhabdi HP/WA : 0812 8414 6099 / 0812 8029 6071. Lihat FOTO PROYEK yang telah kami kerjakan

Sebelum seluruh penghuni rumah di buat kesal dan jadi bete karena masalah genteng bocor, sebaiknya segera perbaiki genteng bocor di rumah, dengan cara mudah dan praktis berikut ini :

  1. Menggunakan semen putih

Selain sebagai salah satu bahan material untuk membangun rumah, semen juga bisa di manfaatkan untuk menambal genteng bocor karena retak di rumah Anda, dan semen yang dipilih adalah semen putih yang memiliki daya rekat lebih baik jika dibandingkan semen biasa.

Caranya :

Siapkan peralatan yang diperlukan antara lain, semen putih, kaleng bekas untuk wadah, ampelas, scrap, dan air. Kemudian campurkan semen putih dengan air sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan kedalam wadah kaleng, lalu aduk hingga merata. Setelah itu bersihkan terlebih dahulu genteng yang akan di tambal dengan ampelas, setelah bersih, oleskan adonan semen tadi menutupi celah-celah atau retakan pada genteng yang bocor.

Menambal genteng bocor dengan menggunakan semen putih bisa bertahan hingga 2-3 tahun.

  1. Menggunakan styrofoam

Ketika Anda membeli barang elektronik, Styrofoam pada kemasan biasanya langsung dibuang karena dianggap tidak berguna, namun sebenarnya Styrofoam bisa dimanfaatkan untuk menambal kebocoran pada genteng di rumah Anda.

Caranya :

Siapkan peralatan yang di perlukan antara lain, styrofoam, kaleng bekas untuk wadah, ampelas, kuas, dan bensin. Potong Styrofoam menjadi kecil-kecil lalu masukkan kedalam wadah kaleng, kemudian tuangkan bensin secukupnya (bensin berfungsi untuk melarutkan Styrofoam menjadi bentuk cairan kental), dan aduk hingga merata. Siapkan genteng yang akan di tambal dengan terlebih dahulu membersihkannya dengan ampelas. Setelah itu oleskan dengan kuas cairan Styrofoam pada permukaan genteng yang retak atau bocor, lalu biarkan hingga mengering.

Menambal genteng bocor dengan menggunakan Styrofoam yang telah di cairkan mampu bertahan hingga 6 bulan, dan bila keretakan muncul lagi ulangi dengan cara yang sama.

  1. Menggunakan waterproof /cat pelapis anti bocor

Penggunaan waterproof adalah cara yang  paling banyak dipilih untuk mengatasi genteng bocor di rumah. Saat ini orang lebih memilih menggunakan waterproof, selain karena harganya terjangkau, lebih mudah dan praktis (tinggal digunakan sesuai aturan yang ada pada kemasan), juga karena daya tahannya bisa sampai 5 tahun.

  1. Menata ulang dan mengganti genteng

Masalah atap bocor bukan hanya disebabkan oleh genteng yang retak saja, ada kalanya genteng yang bocor terjadi karena posisi genteng bergeser karena tertiup angin kencang , dan solusinya adalah dengan memperbaiki posisi genteng yang bergeser tersebut kembali ke posisi semula, namun  jika ada genteng yang pecah, tentu harus diganti dengan genteng baru agar kebocoran tidak berlanjut.

Cara menambal genteng bocor dengan menggunakan semen putih, styrofoam, ataupun waterproof hanya bisa diberlakukan pada genteng dengan kondisi retak, bolong atau bocor yang kecil saja, jika lubang retak yang menyebabkan bocor cukup besar, cara paling efektif adalah mengganti genteng dengan yang baru.