Pelaksanabangunan.com │ Kondisi AC atau pendingin ruangan berpengaruh terhadap kualitas udara dan konsumsi listrik di rumah. AC yang kotor akan membuat beban kerja AC semakin berat sehingga tidak bekerja optimal dan meningkatkan daya listrik yang dipakainya, dan bukan itu saja,  AC yang kotor akan  mengganggu kesehatan penghuni, terlebih jika salah satu anggota keluarga ada yang mengidap alergi terhadap debu, waaah AC harus sering-sering dibersihkan dong. Namun masalahnya, sering-sering memanggil teknisi AC untuk membersihkan AC di rumah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Bukan hanya masalah biaya, orang kadang malas membersihkan AC sendiri di rumah karena tidak tahu bagaimana cara membersihkannya.

Nah, berikut ini adalah cara mudah membersihkan Filter AC sendiri di rumah tanpa harus memanggil teknisi AC, dan pastinya bikin Anda hemat pengeluaran.

  • Matikan AC dan pastikan kabel telah tercabut dari sumber listrik.

  • Di sarankan untuk membaca buku petunjuk AC Anda, untuk mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut.

  • Gunakanlah alat untuk membersihkan AC, seperti mesin penyedot debu, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.

  • Singkirkanlah  debu yang menempel pada filter dengan mesin pengisap debu atau kuas bersih.

  • Bilas  filter AC di bawah aliran air,  jika sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, kemudian bilas hingga kotorannya hilang dan bersih

  • Keringkan filter di tempat teduh dan jangan menjemurnya di bawah terik matahari.

Selain filter AC, bagian lain dari unit AC yang ada di dalam rumah juga berisi kipas dan kumparan evaporator. Produk cairan pembersih AC berupa semprotan untuk membersihkan kumparan evaporator yang tidak bisa dilepas dari unit AC bisa Anda beli sendiri dan tersedia di pasaran. Saat membersihkannya, jangan lupa untuk mengalasi dinding dan lantai agar tidak terkena ceceran kotoran. Ikuti aturan pakai produk tersebut.

Setelah rutinitas membersihkan filter AC  bisa Anda lakukan sendiri, rutinlah membersihkan filter AC dari debu minimal sebulan sekali.  Selain itu Anda juga perlu merawat AC di rumah secara profesional setiap tahunnya,  karena cara membersihkan AC sendiri seperti di atas tidak mencakup pembersihan unit AC yang berada di luar rumah, apalagi sampai ke mesinnya. Oleh karena itu  Anda membutuhkan Jasa pembersih AC profesional atau teknisi AC yang akan membuka unit AC di luar rumah untuk membersihkan kompresor, kumparan kondensor, dan saluran-salurannya.

Selamat mencoba.

%d bloggers like this: