Pelaksanabangunan.com │ Pasti rasanya jengkel banget, melihat lemari kesayangan di rumah yang keropos dan nyaris ambruk di makan rayap. Makhluk kecil sebesar semut, namun jika sudah beraksi bersama teman-temannya bisa merusak segala yang ada di rumah, bukan hanya lemari saja, tapi furniture lainnya, juga pintu, jendela, lantai, tiang, buku-buku, hingga ke rangka atap bangunan.

Mau hemat membangun rumah ? hubungi kami Pelaksana Bangunan : Bapak Suhabdi HP/WA : 0812 8414 6099 / 0812 8029 6071. Klik FOTO PROYEK yang pernah di kerjakan

Nah agar rumah Anda tidak berurusan dengan rayap yang merusak ketenangan hidup Anda di rumah, sebaiknya lakukan tindakan preventif yang bisa Anda lakukan sebelum membangun rumah, untuk mencegahan dini dari rayap yang akan merusak rumah Anda.

Cara yang bisa Anda lakukan antara lain :

  1. Membersihkan lahan perumahan sebelum memulai pembangunan rumah, dari sisa-sisa kayu atau bahan lain yang terpendam di tanah yang kemungkinan di sukai oleh rayap. Tanah bekas sawah atau tanah yang lembab, merupakan media yang subur bagi pertumbuhan jamur, yang mana jamur memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan rayap.Pada lahan dengan kondisi seperti ini perlu dilakukan pengeringan terlebih dahulu, dengan cara menggali saluran-saluran di sekelilingnya, lalu di diamkan beberapa bulan sebelum mulai mendirikan rumah.
  2. Mencampurkan partikel pasir, granit, basalt, atau perlit di bawah lapisan lantai sebelum lantai dipasang.
  3. Menyemprotkan zat kimia pembunuh rayap atau termitisida pada lubang pondasi yang di gali, bagian atas pondasi, serta lapisan permukaan tanah yang akan di pasangi lantai.
  4. Memakai material kayu dengan jenis kayu yang tahan rayap, antara lain, kayu jati, kayu ulin, kayu bangkirai dan meranti, juga kayu damar, merbau dan kayu karet.
  5. Jika menggunakan selain jenis kayu di atas, kayu yang akan di bakai sebagai bahan bangunan di awetkan terlebih dahulu agar tahan terhadap rayap. Ada 3 macam cara teknik pengawetan kayu, antara lain, dengan pemulasan, pencelupan, dan perendaman. Bahan yang di gunakan untuk mengawetkan kayu tersebut adalah garam pengawet, kreosoft, pentachlorophenol, tembaga naftanat, dan boron. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut di toko bahan kimia atau bisa Anda tanyakan di toko material terdekat.

Demikian tips bagaimana mencegah rayap yang di lakukan saat proses pembangunan rumah, lebih baik mencegah, dari pada nanti Anda pusing tujuh keliling menghadapi serangan rayap yang menjengkelkan yang merusak rumah impian Anda.

 

%d bloggers like this: